Tuesday 24 July 2012

#5 Makanan Kesukaan versi saya! :)

nah, minggu ini temanya rada-rada susah: makanan yang kamu suka/gak suka.
iya, susah. soalnya semua makanan saya suka. dan saya cuma punya satu pantangan: seafood. itu pun gak semua jenis seafood. jadi buat edisi minggu ini, saya bakal share ttg empat makanan favorit dan satu jenis makanan (yg sebenernya saya suka tapi...) yang harus saya hindarin. meski pun lagi puasa, gak apa-apalah ya kita cerita sedikit soal makanan hahaha. ini nih..

#1 Spicy food
ini saya simpen di posisi teratas. layaknya orang sunda asli dan cewek kebanyakan, makanan pedas emang gak bisa lepas dari keseharian saya. beda sama pedesnya masakan padang, pedes yang saya maksud adalah pedas yg berasal dari cabe rawit atau bahasa sundanya-->cengek. makanan apapun kalau udh dibubuhi cengek pasti jadi lebih mantep. biasanya cengek ini paling pas kalo udah dipasangin sama yang berkuah, misalnya bakso dan mie jawa yang dikasih potongan cabe rawit. tapi, buat saya, semua jenis makanan bisa disandingin sama cabe rawit yang diulek atau sambal. nah, kalo udh berubah wujud jadi sambal, cocoklah disantap pake ayam, tahu panas, lengkap sama lalapnya. kalo di bandung, tempat recommended buat nemuin jenis makanan pedes ada di: bakso malang enggal (jalan burangrang), ayam bakar bu imas (sambelnya nendang banget!), mie jawa bengawan (jalan riau).

sambal
lucerahma.blogdetik.com 

mie jawa

#2 Cokelat
kalo yang satu ini saya bingung jelasinnya. kayaknya udah dari sononya kali ya sebagian besar penyuka cokelat itu cewek. kodrat mungkin hahaha. saya suka segala jenis makanan yang mengandung cokelat, seperti cake, cookies, aneka desert berbahan cokelat, sampai hot chocolate. 

cokelat batangan
stendanson.wordpress.com

hot chocolate
tumblr.com

#3 Roti Gempol
nah kalo yang ini cuma ada di bandung! tepatnya di jalan gempol. toko plus pabrik roti ini udah ada sejak tahun 1958. andalan toko roti ini ya roti tawarnya yang khas dan masih asli (kaya roti tawar jaman dulu). di lokasi jalan gempol ini, selain ada tokonya yang sederhana, pengunjung juga bisa liat proses pemanggangan roti. karena pabriknya berada tepat di samping toko roti. jadi, sambil makan roti sambil bisa nikmatin aroma roti tawar yang baru keluar oven. yumm yumm! tapi, toko roti ini gak bisa dong terus2an hanya mengandalkan roti tawarnya aja. nah, untuk menyesuaikan jaman, maka lahirlah roti bakar ala toko roti gempol. ini dia nih menu andalan saya! roti bakar di sini beda dari yang lain. kita bisa pilih dua jenis roti, roti tawar putih (roti tawar pada umumnya) dan roti gandum. ada menu asin dan manis. dan, bisa porsi perseorangan atau ririungan (porsi besar). toppingnya juga gak kalah oke. ada tuna, telor dadar/ceplok, salami, daging asap, keju. buat yg manis ya standar roti bakarlah, ada cokelat, strobery jam, nuttela, dll. menu favorit saya sih yang asin: salami, daging asap, dan keju, plus mayonaise. harganya juga pas di kantong, asin Rp 13.000,00 (harga terakhir saya kesana), manis Rp 10.000,00. buat porsi ririungan Rp 30.000,00.


roti gandum bakar khas gempol
bhellabhello.wordpress.com 

#4 Okonomiyaki kedai ling-ling
kalo ini makanan favorit saya akhir-akhir ini. bukan berarti korban mode japaness food, tapi serius deh okonomiyaki kedai ling-ling ini ueenaak tenan! paduan sayur, cumi, mayonaise, tepung, dan taburan katsuobushi ini bikin nagih. wajar aja sih kalo buat nikmatin okonomiyaki kedai ling-ling harus pake waiting list segala. harganya juga enak di hati, satu porsi okonomiyaki Rp 15.000,00 sajah. di bandung, kedai ling-ling ada di jalan sultan agung dan jalan cihampelas. ini bukan cafe atau resto, tapi kedai jongko khas kaki lima jepang. bisa sekalian nongkrong :p

okonomiyaki ala kedai ling-ling
duniaicip-icip.blogspot.com

kedai ling-ling yg gak pernah sepi pengunjung
jajalindo.com 

#5 Sea food (pantangan yang sulit dipantang)
temen saya pernah bilang, "chie, kamu itu salah satu orang paling gak beruntung karena gak bisa makan kepiting dan kerang". mungkin ada betulnya juga, saya emang gak bisa dan gak boleh makan sea food, terutama kepiting dan kerang. yes, saya alergi sea food :(
padahal makanan ini adalah salah satu jenis makanan ter-enak huhuhuhu :(
untungnya (sebenernya tetep gak untung sih) saya masih boleh makan udang, cumi, dan ikan laut, tapiiiii dengan porsi yang kecil. di bandung kita punya beberapa resto sea food yang recommended: red dipo (jalan dipatiukur), HDL (jalan cilaki), dan deCost (ada di braga citywalk dan setiabudi, belakangan ini cabangnya makin banyak di beberapa mal di bandung).


macem-macem seafood
www.fiscuswannabe.web.id 


that's all, lima makanan kesukaan (dan pantangan yg sulit dipantang) versi saya! semoga puasanya gak batal ya hahaha :p
see you on the next #SemingguSatu!
cheers! :)

1 comment: