Monday 16 May 2011

crafty day, wrap my dreams



"it's all about handmade, creativity, and "do it yourself"-stuff"


selama ini saya selalu berharap ada "hari kerajinan tangan" nasional. semua anak, pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan semua orang dari berbagai profesi, sengaja diliburkan dan diwajibkan untuk membuat kerajinan tangan. semua orang, tanpa terkecuali, harus paling tidak menghasilkan satu buah karya pada hari itu (lukisan, gambar anime, rajutan, seni melipat, memahat, mematung, design, membuat asesoris, scrap book, menjahit, etc).

tempatnya bisa dimana-mana, di komplek rumah, sekolah, kantor, taman kota, atau ruang publik. yang jelas, karya-karya itu nantinya akan dipajang dan dipamerkan sebagai hasil karya bersama :)

di beberapa negara, tradisi crafty day ini udah jadi event tahunan yang gak mungkin dilewatin. karena di hari inilah, kreativitas mereka bebas diekspresikan. selain buat ngilangin penat akibat rutinitas, 'hari kerajinan' ini juga biasanya dijadiin ajang kumpul buat saling bertukar ide.

kenapa saya sangat ingin dan menganjurkan untuk diadakan 'hari kerajinan nasional'?
- otak kiri dan otak kanan kita butuh keseimbangan
- penghargaan dan apresiasi diri--> apapun hasilnya karya kita, dijamin tetep menimbulkan rasa puas
- melatih motorik dan kepekaan
- menimbulkan rasa saling menghargai (atas karya orang lain)
- seni ada untuk dinikmati dan dikagumi

dan yang terakhir...

Tuhan menciptakan tangan kita untuk berkarya (berkarya dalam arti yang sesungguhnya). saat kita membuat sesuatu dengan menggunakan tangan kita sendiri, semua emosi dan rasa yang ada pada diri kita saat itu ikut 'masuk' dalam benda tersebut (apapun itu). percayakan tangan kita untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai tinggi ketimbang hasil printer atau mesin tekstil.

itulah kenapa segala sesuatu yang bersifat 'handmade' jauh lebih mahal dari pada yang dibuat secara masal oleh mesin.

meski belum pernah merasakan 'hari kerajinan nasional', saya cukup bersyukur karena sempat menikmati 'hari kerajinan lokal' atau crafty day#5 yang digelar Tobucil, Sabtu dan Minggu (15/16 Mei). ini adalah kali kelimanya Tobucil menggelar crafty day. dan seperti biasa antusiasnya selalu oke :)




salute saya buat teman-teman Tobucil yang sudah mengakomodir keinginan saya (meski pun bukan hari kerajinan nasional :p) dan sebagian warga Bandung lainnya. kalau dibilang kalap, ya kalap juga sih. segala pernak-pernik lucu ada di sini. nah, dari sini juga saya bisa lihat, "gilaa..anak-anak Indonesia kreatif-kreatif banget!" karena stand-stand yang ada itu mamerin produk-produk kreatif lokal ( sebagian besar handmade) karya anak-anak muda.




mulai dari anak-anak, ibu-ibu, sampai bapak-bapak, gabung di crafty day ini. bahkan cowok-cowok berbadan besar dan ganteng sekalipun gak malu tuh pegang-pegang benang wol.


buat saya, crafty day ini adalah waktu yang tepat untuk memanjakan diri, gak peduli deh karyanya apa dan sebagus apa. yang penting hati puas, otak kanan terasah, dan senaaaang :))


No comments:

Post a Comment