Wednesday 29 December 2010

beruntung, saya lahir tahun 1989

ini bukan soal angkatan. bukan juga soal umur. ini satu hal yang belakangan bikin saya ngerasa benar-benar beruntung dilahirkan di tahun 1989. awalnya, menjadi angkatan '89 sempet bikin saya menggerutu dan mengeluh.

"kita tuh emang angkatan percobaan, apa-apa pasti kita-kita yang jadi bahan uji coba"

mungkin bukan cuma saya yang pernah mengeluarkan kalimat di atas, kamu mungkin salah satunya? gak salah, karena itu memang betul.dan saya sadari itu.ini beberapa list yang saya ingat tentang segala 'uji coba' yang pernah kita lewatin:

1. mencicipi kurikulum baru-->KBK-kurikulum berbasis kompetensi
hampir tiap mata pelajaran harus presentasi.suasana kelas berubah karena lebih banyak diskusi. akhir semester sibuk latihan drama b.inggris dn b.indonesia, latihan alat musik, belum lagi pagelaran.

2. tepat di angkatan kita, nilai UN gak digabung dengan nilai uas.

3. kuota spmb semakin berkurang karena ada pintu-pintu ajaib baru kayak; smup-usm-simak.dan bikin kita harus belajar ekstra giat kalo gak mau nyusahin ortu.

4. ngerasain pergantian-pergantian kurikulum saat kuliah-->matakuliah ganti ini-itu, jumlah sks yang diperketat, 'test drive' untuk tugas-tugas baru, dan target kelulusan yang diperpadat.

5. dan masih banyak lagi peralihan-percobaan yang kita alami-->sayang sebagian lagi saya lupa.

tapi, taukah kalian wahai angkatan '89, uji coba, peralihan, atau apapun itu namanya berhasil bikin kita tangguh (dan kita mungkin lebih cepet tua, karena tingkat stres kita juga lebih tinggi--mungkin).

buat saya, kita itu:
1. kompetitif (mungkin efek dari si KBK)
2. kreatif (karena dari jaman smp kita udah ga asing lagi sama tugas-tugas yg sifatnya praktek)
3. full of idea (ini mah lebih jelas lagi, udah kebiasa bikin acara-tugas praktek-dan perintilan lain)
4. dan seperti punya standar sendiri

semoga ini bukan jadi alat untuk bersombong ria. hopefully this could be an 'antidote' when we started think to give up.

oh ya,satu lagi,yang bikin saya bersyukur dan ngerasa beruntung jd makhluk '89, saya bisa ketemu teman-teman ini. such an honour to knowing you all.
see you guys, in the peak of success!


No comments:

Post a Comment